RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RENCANA PEMBELAJARAN MIKROTEACHING

(RPM)

Mata Pelajaran               : Matematika

Kelas/ Semester            : X/ Genap

Standar Kompetensi   : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas segitiga

Kompetensi Dasar       : Menyelesaikan luas segitiga

Indikator                         : Menggunakan sifat dan aturan sinus untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas segitiga

Alokasi Waktu                : 1 x 15 menit

I.            Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu menemukan sifat-sifat dan aturan sinus pada operasi trigonometri untuk memecahkan masalah luas segitiga
  2. Siswa mampu menggunakan sifat-sifat dan aturan sinus pada operasi trigonometri dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas segitiga

II.            Materi Ajar

Sifat dan aturan sinus dalam trigonometri

Luas segitiga

III.            Metode Pembelajaran

Metode: langsung dan tanya jawab

IV.            Langkah-lagkah Pembelajaran

  1. Pendahuluan

Pembukaan: mengucapkan salam, mereview materi yang akan      disampaikan

2.   Kegiatan Inti

  1. Guru mempersiapkan materi pelajaran yang berkaitan dengan luas segitiga untuk disampaikan
  2. Guru mulai menjelaskan materi tentang luas segitiga yang telah dipersiapkan
  3. Siswa memahami materi tentang luas segitga yang telah dijelaskan oleh guru dan bagi siswa yang belum memahami materi tentang matriks dapat menanyakannya kepada teman atau guru agar diperjelas kembali
  4. Guru selanjutnya memberikan contoh soal yang berkaitan dengan luas segitiga
  5. Guru bersama-sama dengan siswa memecahkan contoh soal yang diberikan
  6. Guru memberikan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan luas segitiga agar dikerjakan oleh siswa didepan kelas
  7. Guru bersama-sama dengan siswa mengoreksi jawaban yang telah ditulis dipapan tulis

3.   Penutup

  1. Guru bersama dengan siswa melakukan review terhadap materi yang telah dijelaskan
  2. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

V.            Alat/ Bahan dan Sumber Belajar

Alat/ Bahan                 :  Papantulis

Sumber Belajar            : Buku Paket Kelas X SMA Yudhistira dan sumber lain yang relevan

VI.            Penilaian

Aspek yang dinilai      : kognitif

Teknik                              : tes tertulis

Bentuk instrumen       : uraian

Contoh instrumen      :

  1. Diketahui segitiga ABC dengan a = 10, b = 8 dan C = 60o. tentukan luas segitiga ABC tersebut!
  2. Diketahui segitiga ABC dengan b = 4 cm, c = 6 cm dan B = 30o. tentukan luas segitiga tersebut!
  3. Diketahui segitiga ABC dengan a = 6 cm, A = 45o dan B = 60o. tentukan luas segitiga tersebut!

Surakarta, 4 Mei 2011

Mengetahui                                                                                                      Mahasiswa

Dosen

Makhfuddin, S.Pd                                                                                        Anik Lestari

NIP.                                                                                                           NIM. A 410 080 154

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s