Kelemahan dan Kelebihan Suatu Artikel Internet

Menguraikan kelemahan dan kelebihan suatu artikel situs pendidikan

Artikel:

Edu-articles.com – Situs Pendidikan Indonesia

“ Budaya Membaca dan Menulis Masih Minim Di Sekolah “

Oleh    : Marjohan
Guru SMA Negeri 3 Batusangkar (Program Layanan keunggulan)

Semua bahasa di dunia mempunyai empat aspek yaitu membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Kemudian berdasarkan ekspresi, bahasa dapat diklasifikasikan kedalam dua bentuk yaitu bahasa lisan (oral) dan bahasa tulisan.

Didalam artikel ini banyak terdapat kelemahan dan kelebihan dalam menguraikan konten yang ada didalamnya. Inti dari artikel diatas adalah bahwasanya budaya tulisan (membaca dan menulis) lebih tinggi kualitasnya daripada budaya lisan, budaya tulisan hanya dilakukan oleh kalangan tertentu yaitu oleh orang- orang yang terdidik dengan baik (kalangan intelektual), orang yang memilih budaya tulisan memiliki pola berfikir yang lebih kritis dan analitis (critical thinking and analytical thinking), sedangkan orang yang terjebak ke dalam budaya lisan cenderung memiliki pola berfikir mengambang (global thinking).

Kelemahannya, pernyataan diatas belum tentu benar adanya. Menurutnya orang-orang yang terdidik hanya menggunakan budaya tulisan dalam kehidupannya, padahal banyak orang-orang terdidik yang biasa menggunakan budaya lisan. Pembicara seminar, guru, psikolog biasa menggunakan budaya lisan dalam pekerjaannya. Pembicara seminar, guru biasa memberikan materi dengan cara lisan walaupun memang untuk memperjelas menggunakan tulisan.

Namun jika mereka hanya mengandalkan pada tulisan saja maka apa-apa yang mereka berikan hanya akan terbaca saja dan tidak akan terpahami. Dengan budaya lisan, mereka dapat menerima umpan balik dengan lawan bicaranya serta dapat mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapi guna mencari pemecahannya. Jadi budaya lisan tidak selamanya memuat pembicaraan yang sifatnya mengambang atau global thinking jika apa yang dibicarakan itu merupakan pembicaraan yang berkualitas dan bertujuan untuk menambah wawasan.

Psikolog, untuk membicarakan masalah orang lain dengan menggunakan bahasa lisan bukan tulisan. Dengan bahasa lisan mereka dapat langsung berinteraksi dengan lawan bicara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi lawan bicara. Dengan bahasa lisan pula mereka dapat mendiskusikan segala sesuatunya. Pada alinea keempat dikatakan bahwa bila seseorang ingin maju maka sangat tepat bila ia mengadopsi budaya tulisan (membaca dan menulis) sebagai kebiasaan dan kebutuhannya. Hal ini belum tentu benar, seperti dikatakan diatas bahwa jika hanya dengan membaca dan menulis persoalan hanya akan terbaca saja dan tidak terpahami.

Padahal untuk menjadi orang yang lebih maju tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk membaca dan menulis saja tetapi juga harus mampu mengembangkannya. Sharing dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak. Dengan pengalaman yang banyak orang akan menyaring mana yang berguna dan mana yang tidak, dengan begitu seseorang akan lebih maju.

Marjohan mengatakan bahwa kalau seseorang bisa sekolah lebih tinggi hingga tamat dari Universitas atau Akademi maka kehidupan mereka akan menjadi lebih baik. Hal itu tidak menjamin sepenuhnya, untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik seseorang tidak harus sekolah tinggi, tapi dengan usaha yang giat seseorang bisa memperbaiki kehidupannya.

Selain terdapat kelemahan, artikel diatas juga memiliki banyak manfaat diantaranya untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya budaya tulisan atau membaca dan menulis untuk dapat memperkaya kosa kata bahasa yang kita miliki. Artikel tersebut juga mengajarkan kita agar kita sebagai mahasiswa tidak hanya berceloteh namun juga harus mengimbanginya dengan rajin menulis, membaca serta membiasakan diri dengan rajin keperpustakaan guna untuk menambah wawasan.

 

SUMBER:  edu-articles.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s